Friday 10 May 2013

Tugas Pengantar Teknologi Game Bulan Ke-2


1. Apa yang dimaksud dengan shading?
2. Apa yang dimaksud dengan Ambient, Specular, dan Diffuse?
3. Mapping berkaitan dengan objek Material
    a). Apa yang dimaksud dengan Mapping?
    b). Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis nmapping?
4. a). Rancanglah game yang sangat sederhana
    b). Buatlah skenario game tersebut
    c). Buatlah satu (1) objek yang ada pada game tersebut!

1. Shading
Shading / Bayangan adalah proses penentuan warna dari semua pixel yang menutupi permukaan
menggunakan model illuminasi.
Metodenya melliputi :
- Penentuan permukaan tampak pada setiap pixel
- Perhitungan normal pada permukaan
- Mengevaluasi intensitas cahaya dan warna menggunakan model illuminasi.

Sumber

2. Ambient, Specular, dan Diffuse 

  • Ambient

Cahaya Ambient adalah cahaya yang sudah berserakan begitu banyak disebabkan oleh lingkungan dan arahnya tidak mungkin ditentukan atau tampaknya datang dari segala penjuru. Backlighting pada sebuah ruangan memiliki komponen ambient besar, karena sebagian besar cahaya yang mencapai mata yang memantul dari banyak permukaan. Sebuah lampu sorot kecil di luar rumah memiliki komponen ambient, sebagian besar cahaya dalam arah yang sama, dan karena diluar, sangat sedikit cahaya mencapai mata setelah memantul dari benda-benda lain. Ketika cahaya ambient menyerang permukaan, maka akan tersebar merata di segala penjuru.

  • Specular
Cahaya Specular datang dari arah tertentu, dan cenderung terpental pada permukaan dalam arah yang diinginkan. sinar laser berkualitas tinggi memantul pada cermin dan menghasilkan hampir 100 persen refleksi specular. Logam atau plastik mengilap memiliki komponen specular tinggi, dan kapur atau karpet telah hampir tidak ada. Specularity dapat juga dianggap sebagai shininess.
  • Diffuse


Cahaya diffuse adalah komponen yang berasal dari satu arah, jadi akan terang kalau hal tersebut terjadi tepat diatas sebuah permukaan dibandingkan jika hampir tidak terjadi di atas permukaan. Setelah mengenai permukaan, akan tersebar merata di segala penjuru, sehingga tampak sama-sama terang, tak peduli di mana mata berada. Setiap cahaya yang datang dari posisi atau arah tertentu mungkin memiliki komponen diffuse.

Sumber

3. a. Mapping
Merupakan teknik, untuk menambahkan detail ke permukaan dengan gambar

b. Jenis-jenis mapping
- Planar
- Cylindrical
- Spherical
- Box (cube)

Sumber

4. a. Rancangan Game Sederhana
Game yang akan dibuat adalah Death Labyrinth, game tersebut memiliki konsep labirin / mencari jalan keluar dari ruang-ruang yang ada. Objek Labirin dibentuk dari Cube yang di resize sehingga menjadi pipih sepertti sebuah dinding. 


b. Skenario Game
Game Death Labyrinth merupaka perkembangan dari game labirin pada umumnya, akan tetapi game ini memiliki perbedaan ketika pemain yang sedang mencari jalan keluar menemukan tujuannya maka sang pemain harusd berhati-hati agar tidak terjatuh dari tempat permainan, jika terjatuh maka si pemain tidak akan bisa melanjutkan permainannya.

c. Objek Game




















0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons