Sunday 24 October 2010

Tiga Jenis Kecerdasan yang Terdapat Pada Setiap Manusia

Didalam sebuah kehidupan, manusia mempunyai tiga macam jenis kecerdasan, yang mana dari ketiga jenis kecerdasan tersebut mempunyai fungsi paling utama untuk mengendalikan aktifitas tubuh kita dalam kehidupan dimuka bumi ini. Pada dasarnya setiap individu memiliki tiga jenis kecerdasan, yang mana masing-masing dari kecerdasan itu memiliki fungsi yang sangat berarti. Ketiga jenis kecerdasan itu adalah IQ, EQ dan SQ. 

Kecerdasan IQ (Intelectual Question) biasa di identikkan dengan kecerdasan untuk mengolah dan berfikir kognitif. Kecerdasan yang terukur oleh angka-angka sejak kita mulai bersekolah sampai saat kita menyelesaikan perkuliahan adalah kecerdasan Intelektual. Kecerdasan  yang ditimbulkan oleh sistem kerja otak kiri. 

Kecerdasan EQ (Emotional Question) biasa disebut kecerdasan dalam mengendalikan diri, semangat dan ketekunan serta kemampuan dalam memotivasi diri sendiri untuk mengatasi frustasi dalam kehidupan sehari-hari.

Kecerdasan SQ (Spiritual Question) diartikan sebagai kecerdasan dalam berakhlak dan beragama yaitu pendekatan diri terhadap Tuhan YME.

Selama ini banyak individu menganggap kecerdasan Intelektual (IQ) merupakan bagian terpenting dalam kehidupan akan tetapi tanggapan itu salah soalnya terdapat dua jenis kecerdasan lagi yang turut mempunyai andil dalam mengatur kehidupan.Yyaitu kecerdasan Emosi (EQ)  yang berguna untuk mengendalikan emosi dan kecerdasan Spiritual (SQ) yang berguna dalam menyadarkan siapakah sebenarnya diri kita dari mana kita berasal dan siapa yang harus kita sembah.

Sekian dari pembahasan "Tiga Jenis Kecerdasan yang Terdapat Pada Setiap Manusia", jika para pembaca menemukan ketimpangan dalam bahasa penulisan saya sangat mengharapkan komentar yang bersifat membangun. Terimakasih.

1 comments:

Anonymous said...

artikel yang menarik, terimakasih sudah sharing, silahkan kunjungi juga web kami Visit Us

Post a Comment

 
Design by Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons