Saturday 6 October 2012

Essay Pengalaman Pribadi di Bidang Sistem Informasi


Sebelum memulai essay, tidak salah jika kita meriview apa itu sistem Informasi. Menurut Robert A. Leitch, sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. Ada 4 operasi dasar dari sistem informasi yaitu mengumpulkan, mengolah, menyimpan dan menyebarkan informasi. Informasi mungkin dikumpulkan dari lingkungan dalam atau luaran memungkinkan didistribusikan ke dalam atau ke luar organisasi. Dari penjabaran diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Sistem Informasi merupakan suatu sistem terintegrasi atau sistem manusia-mesin yang dapat memberikan suatu informasi yang bermanfaat terhadap penerimannya. 

Berbicara dalam konteks Sistem Informasi, saya memiliki sebuah pengalaman pribadi yang sangat sederhana dalam modifikasi sistem operasi android. Seperti yang kita ketahui sistem operasi (OS) android merupakan OS yang bersifat open source, sehingga setiap penggunannya diberi kebebasan untuk dapat membuka ataupun mengembangakan sistem yang sudah ada sesuai dengan keinginan masing-masing penggunannya. Mengetahui hal itu saya semakin tertarik untuk mengenal lebih dalam untuk mempelajari OS android. Dari sebelum saya menggunakan device yang berbasis android sampai sekarang ini saya mengenal beberapa buah situs yang selalu update dalam memberikan informasi di dunia android, mulai dari review gadget, review harga, sampai dalam pengembangan OS android itu sendiri. Dari banyak situs yang saya kenal ada sebuah situs antar negara yang bernama xda-developers.com dan memiliki sub situs yang bersifat forum yaitu forum.xda-developers.com, kedua situs ini sangat update dalam perkembangan android terutama dibidang pengembangan ataupun modifikasi OS android. 

Dalam penyampaian informasi dari situs forum.xda-developers.com merupakan hal yang sangat menguntungkan. Di sanalah saya mulai mempelajari OS android, karena didalamnya banyak sekali review yang berkualitas yang di terbitkan oleh para pengembang, sehingga saya dapat memilih hal mana yang akan sayapelajari terlebih dahulu. Pada awalnya saya sangat tertarik untuk mengotak atik framework OS tersebut. Dimana Framework berperan penting untuk mengendalikan dan juga menampilkan grafis pada device android. Disana pengguna dapat merubah isi tampilan android dengan kehendak hati atau kreativitas masing-masing pengguna. Dengan memodifikasi framework saya dapat menambah ilmu untuk mengembankan potensi device saya, karena di dengan memodifikasi saya tidak hanya sebagai pengguna device mutlak. Pada dasarnya android memberikan fasilitas untuk mendownload thema, tapi hanya sebatas aplikasi third party, sehingga belum dikatakan dalam mengembangkan sistem. Setelah saya mengetahui cara memodifikasi Framework android, saya juga tertarik untuk mengatur kerja hardware dari device yang saya punya, dan ilmu itu juga saya dapat dari situs tersebut. Dalam mengatur kinerja hardware device, saya mencoba mengotak atik kernel dalam menentukan clocking dan saya juga menambahkan tweak-tweak sesuai kebutuhan yang saya inginkan. Dan dengan situs ini saya juga dapat mengomentari, mereview atau menshare apa saja yang saya ketahui, sehingga didalamnya terjadilah proses pertukaran informasi, yang juga sangat menguntungkan dalam mengembangkan potensi dan koneksi pertemanan. Maka dari proses pengalaman saya dapat simpulkan Sistem Informasi itu sangat diperlukan dalam segala aspek kehidupan untuk mengolah dan menyampaikan informasi yang berguna kepada yang membutuhkan informasi tersebut.


Sekian dari Essay saya dalam pengalaman di bidang sistem informasi, lebih dan kurang saya minta maaf, Terima Kasih.










0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons