Apakah yang dimaksud dengan
sistem interaktif ? Ya sebelum membahas sistem interaktif kita harus mengetahui
apa yang dinamakan dengan sistem, dan interaktif. Sistem merupakan suatu unsur
yang saling berkaitan satu dengan yang lain untuk mencapai suatu tujuan
tertentu, sedangkan interaktif merupakan sebuah interaksi, hubungan atau
keterkaitan. Sehingga sistem interaktif dapat didefinisikan sebagai suatu unsur
yang saling berkaitan dalam sebuah interaksi. Sistem interaktif dapat
dicontohkan dalam implementasi dari segi entertainment dan pograman.
Sistem interaktif dilihat dari
segi entertainment merupakan usaha dalam memproduksi dan mendistribusikan
sebuah produk atau layanan yang memiliki nilai hiburan yang ditujukan kepada
pengguna dari suatu produk dan layanan yang ada.
Sedangkan dari segi program,
sistem interaktif merujuk kepada sistem aplikasi perangkat lunak komputer yang
dapat berinteraksi langsung dengan manusia. Interaktivitas pada aplikasi
komputer ini meliputi aplikasi yang sering digunakan sehari-hari seperti
pengolah kata dan pengolah grafis. Sebuah program disebut interaktf jika memiliki desain grafis yang baik dan
juga user friendly terhadap GUI (Graphical User Interface) atau yang biasa
disebut antar muka yang menggunakan menu grafis agar mempermudah para
pengguna-nya untuk berinteraksi. Adapun komponen-komponen GUI adalah sebagai
berikut :
Nama | Symbol | Keterangan Fungsi |
TextBox | Teks dapat di edit oleh user. Text Box menampilkan infomasi yang dapat dirubah oleh user. Biasanya text Box digunakan untuk menginputkan data yang akan di rekam datanya. | |
Command Button | Tampilan khas dari Command Button adalah berupa tombol segi empat. Ketika tombol dipilih maka akan mengeksekusi perintah-printah yang ada didalamnya. | |
Check Box | Salah satu bentuk pilihan yang kecil dimana user dapat memilih lebih dari satu pilihan. Yang menandakan pilihan terhadap suatu kondisi yaitu on or off, true or false, yes or no. Ketika di tampilkan dalam sebuah group, Check Box akan bekerja sendiri secara independen. Pengguna dapat memilih beberapa pilihan dalam satu waktu. | |
Option Button | Option Button berbentuk pilihan option dimana pengguna hanya di perbolehkan memilih satu. Option Button harus bekerja pada bagian grup, jika kita memilih salah satu option maka yang lainnya akan bersih dari pilihan. | |
List Box | Bebentuk list yang dapat di pilih dan di scroll. Khasnya, daftar list yang di pilih akan di tamilka pada tampilan vertical dikolom tunggal, meskipun semua list pilihan dapat diguakan semua. Jika yang terpilih melewati jumlah yang di tampilkan maka akan kelua scroll bar. Untuk melihat isi dari pilihan semua kita juga bisa menggunakan drop down. Kita juga bisa memilih lebih dari satu pilihan dengan menggunakan tombol Control yang menandakan pilihan lebih dari satu. | |
Combo Box |
Pilihan yang berbentuk scroll yang dapat diedit. Penggguna dapat memilih yang sudah disediakan dan mengisikan data baru jika belum ada, tetapi identitas index tetap memakai data yang lama.
| |
Slider Control | Bebentuk range yang mengindikasikan posisi ukuran. Control ini biasnya digunakan untuk input kontrol volume atau pengaturan warna pada gambar. | |
Progress Editor | Menampilkan prosentase suatu proses. Kontrol ini berguna untuk indicator suatu performa program aplikasi. Selain prosentase proses juga bisa digunakan untuk menampilkan berapa waktu sebuah poses akan selesai. |
Event Source
Komponen GUI yang membuat event atau tempat terjadinya event.yaitu berupa komponen-komponen visual, seperti : button, combo box, text field, etc.
Event Model
Interaksi antara user dan komponen GUI. Untuk mendeskripsikan bagaimana program merespon interaksi user terdapat bagian-bagian penting yaitu event source dan event listener / Handler.
Event Listener
Objek penerima & pengolah event. Menerima dan menangani event, mengandung business logic. Contoh: menampilkan informasi penting ke user, melakukan komputasi matematis, dan lain sebagainya.
Event Object
Objek yang terbentuk saat terjadi event. Yaitu ketika user berinteraksi dengan komponen GUI. Seperti : tekan button, ketik di text field, dll. Mengandung semua informasi yang berhubungan dengan event yang muncul, seperti : Tipe event yang muncul, asal dari event tersebut. Direpresentasikan oleh class Event.
Event Handler
Event Handler berupa blok method dari listener yang menentukan proses selanjutnya setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada event tombol simpan ditekan, event listener akan menangkap event pada Event Source tombol Simpan, kemudian Event Handler akan menyimpan data yang akan didefenisikan pada blok Event Handler.
Dalam konsep interaktif program/ program interaktif, event memiliki peran yang tidak jauh berbeda dengan yang telah disebutkan diatas, yaitu sebagai pengelola interaksi antara user dengan program yang berjalan. Setiap event dibentuk sesuai dengan algoritma yang dituju.
Sumber :Event Handler berupa blok method dari listener yang menentukan proses selanjutnya setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada event tombol simpan ditekan, event listener akan menangkap event pada Event Source tombol Simpan, kemudian Event Handler akan menyimpan data yang akan didefenisikan pada blok Event Handler.
Dalam konsep interaktif program/ program interaktif, event memiliki peran yang tidak jauh berbeda dengan yang telah disebutkan diatas, yaitu sebagai pengelola interaksi antara user dengan program yang berjalan. Setiap event dibentuk sesuai dengan algoritma yang dituju.
http://ghadinkz23.blogspot.com/2010/12/pengertian-gui-dan-cli.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka_pengguna_grafis
http://www.andisun.com/jurnal/basic-mendesain-graphical-user-interface-gui
Tabel Kinerja
Nama | NPM | Kinerja |
Andi Shahreza Harahap | 50410696 | Merangkum dan menyelesaikan materi |
Rina Ravela | 55410971 | Mencari sumber-sumber materi |
1 comments:
Post a Comment