Tuesday 19 June 2012

Pengenalan media perdagangan E-Commerce

Perdagangan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan manusia sejak peradabannya dimulai. Perdagangan merupakan transaksi jual beli antara penjual (pemilik barang) dan pembeli (yang membutuhkan barang). pada awalnya perdagangan dilakukan secara "barter" atau biasa dikenal saling tukar menukar barang, dimana pembeli harus memberi barang yang nilainya sama dengan barang akan dijual oleh penjual.Seiring perkembangan zaman perdagangan dilakukan dengan transaksi uang dengan barang, dimana uang sebagai media pembayaran dengan nominal yang ditentukan. 

Perdagangan selama ini terjadi karena kesepakatan antara pembeli dan penjual secara langsung bertemu, akan tetapi sekarag ini telah ada terobosan baru yang dikatakan dengan E- Commerce dimana transaksi jual beli dilakukan dengan media elektronik. E-Commerce memiliki 4 segi defenisi yaitu : 

  1. Dari segi perspektif komunikasi, E-Commerce merupakan pengiriman informasi, produk/layanan, atau pembayaran melalui lini telepon, jaringan komputer atau sarana elektronik lainnya.
  2. Dari segi perspektif proses bisnis, E-Commerce merupakan aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi dan aliran kerja perusahaan.
  3. Dari segi perspektif layanan, E-Commerce merupakan satu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen dalam memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.
  4. Dari segi perspektif online, E-Commerce kepasitas jual beli produk dan informasi di Internet dan jasa online lainnya.
Demikianlah, banyak yang lebih suka menggunakan istilah e-businees, yang mengacu pada definisi E-Commerce secara lebih luas, tidak sekedar menjual dan membeli, namun juga berarti melayani pelanggan dan berkolaborasi dengan patner bisnis, serta pelaksanaan transaksi elektronis dalam suatu organisasi.

E-Commerce juga dapat diklasifikasikan dengan beberapa jenis transaksi yaitu :
  • Business-to-business (B2B). Kebanyakan E-Commerce yang diterapkan saat ini merupakan tipe B2B. E-Commerce tipe ini meliputi transaksi IOS yang digambarkan tadi serta transaksi antar organisasi yang dilakukan di electronic market. Contohnya Wal-Mart dengan Warner-Lambert.
  • Business-to-consumer (B2C). Ini merupakan transaksi eceran dengan pembeli perorangan. Pembeli khas di Amazon.com adalah seorang konsumen, atau seorang pelanggan. Contoh yang lain, misalnya Barnes & Nobles, Cisco, Dell, Compaq dan sebagainya.
  • Consumer-to-consumer (C2C). Dalam kategori ini, seorang konsumen menjual secara langsung ke konsumen lainnya.
  • Consumer-to-business (C2B). Termasuk ke dalam kategori ini adalah perseorangan yang menjual produk-produk atau layanan ke organisasi, dan perseorangan yang mencari penjual, berinteraksi dengan mereka, dan menyepakati suatu transaksi.
  • Nonbusiness E-Commerce. Dewasa ini makin banyak jumlah lembaga non-bisnis seperti lembaga akademis, organisasi nirlaba, organisasi keagamaan, organisasi sosial, dan lembaga-lembaga pemerintahan yang menggunakan berbagai tipe E-Commerce untuk mengurangi biaya (misalnya, memperbaiki purching) atau untuk meningkatkan operasi dan layanan publik.
  • Intrabusiness (Organizational) E-Commerce. Yang termasuk dalam kategori ini adalah semua aktivitas intern organisasi, biasnya dijalankan di Internet, yang melibatkan pertukaran barang, jasa atau informasi.
Juga E_Commerce memiliki manfaat yang dapat dirasakan antara penjual dan pembeli, adapun manfaatnya sebagai berikut :
  • Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
  • Electronic commerce meemberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan; Electronic commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
  • Pelanggan bisa menerima informasi relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggu.
  • Electronic commerce memberi tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pkiran serta berbagai pengalaman.
  • Electronic commerce memungkinkan orang untuk bekerja di dalam rumah dan tidak banyak keluar untuk berbelanja,
  • Electronic commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan harga lebih rendah,
  • Electronic commerce memungkinkan orang di negara-negara Dunia ketiga dan wilayah pedesan untuk menikmati aneka produk dan jasa
  • Electronic commerce memfasilitasi layanan publik, seperti perawatan kesehatan, pendidikan, transportasi dan pemerataan layanan sosial yang dilaksanakan pemerintah dengan biaya yang lebih rendah, dan / atau dengan kualitas yang lebih baik
E-Commerce memiliki metode pembayaran dengan dua cara yaitu :

1.    Sistem Pembayaran Dengan Credit Card
Sistem pembayaran dengan menggunakan credit card adalah metode yang pembayaran yang paling banyak digunakan secara online. Beberapa cara atau kategori untuk penggunaan credit card sebagai metode pembayaran :
- Metode enkripsi dengan menggunakan protokol SSL.
Cara kerjanya yaitu protocol mengamankan atau memproteksi informasi credit card yang dikirimkan oleh cardholder ke merchant dengan menggunakan public key dan private key encryption.
- Metode Three Party Payment System.
Atau disebut juga verifikasi pihak ketiga. Yaitu terdapat pihak ketiga yang berfungsi sebagai tempat atau gerbang pembayaran (payment gateway). Cara kerjanya yaitu cardholder memberikan informasi credit card kepada pihak ketiga. Dan payment gateway akan melakukan otorisasi. Dan mengirimkan hasil otorisasi berupa suatu kode kepada merchant. Kemudian merchant akan mengirimkan barang kepada pembeli (cardholder). Salah satu contoh adalah menggunakan SET (Secure Electronic Transaction).

2.   Sistem Pembayaran Off-line Dengan SmartCard
Sistem pembayaran off-line ini diterapkan apabila merchant sulit terhubung on-line ke suatu bank untuk melakukan otorisasi pembayaran.
Cara kerjanya yaitu cardholder memasukan uang ke dalam smart card yang disebut dengan uang elektronik, melalui ATM bank atau internet, dimana uang tersebut digunakan untuk belanja atau melakukan transaksi di internet.
Setelah cardholder melakukan transaksi, pada selang waktu tertentu, merchant akan menagih nota penjualan kepada bank. Yang mana nota penjualan tersebut adalah yang diberikan oleh cardholder kepada merchant. Dan sistem pembayarannya menggunakan smartcard dan metode kriptografi. Sistem ini adalah sistem yang paling baru diterapkan saat ini.
Bentuk sistem order dan pembayaran e-commerce bermacam-macam, cara kerja setiap sistem juga berbeda-beda, dan setiap sistem mempunyai kelebihan dan kelemahannya masing-masing.
Modul sistem metoda pembayaran software toko online eCommerce Indonesia, sebagai berikut:
  • Sistem integrasi dengan penyedia layanan transaksi / pembayaran online menggunakan kartu kredit, antara lain:
    • 2Checkout (2checkout.com)
    • Ikobo (ikobo.com, termasuk international money order)
    • PayPal (paypal.com)
    • Authorize.net
dan sebagainya akan terus ditambah sesuai dengan kebutuhan pemakai account Toko Online E-Commerce Indonesia.
  • Sistem Pembayaran secara offline:
    • Module Kartu Kredit bagi yang punya merchant account untuk diproses secara offline. (catatan: untuk menghindari terjadinya fraud, kami akan mengaktifkan hal ini hanya untuk perusahaan yang telah memiliki merchant account serta dapat membuktikannya.
    • Module Cash on Delivery (COD)
    • Module Transfer Bank / Deposit.
    • Module Check (Cheque) / Money Order.
Adapun implementasi E-Commerce yang pernah saya lakukan adalah pembelian tiket Pesawat Online, sebagai contoh saya akan menjelaskan sistem pembelian tiket Pesawat Tiger Airways. dan langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Masuk ke site http://www.tigerairways.com
  • Setelah masuk ke situsnya maka akan muncul tampilan halaman awal situs tersebut sebagai berikut 

  • Kemudian tentukan jenis perjalanan dengan memilih radio button apakah RoundTrip (Pulang-pergi) atau OneWay (Satu Kali Jalan),  kemudian menentukan Departing (Kota keberangkatan) dan Arriving (Kota Tujuan/Ketibaan) serta menetapkan tanggal pergi dan kembali, dan jumlah penumpang. setelah semua semua form telah ditetapkan maka anda dapat menekan tombol Find Flight untuk melihat daftar penerbangan yang disediakan. contoh :        

Seperti gambar diatas saya memilih perjalanan Jakarta ke Medan dengan jenis perjalanan sekali jalan pada tanggal 1 Juli 2012 dengan jumlah penumpang satu orang. maka setelah menekan tombol Find Flights akan muncul tampilan sebagai berikut :


Setelah tampilan diatas muncul maka pengguna mencek kembali jadwal yang akan dipilih dan tidak lupa menceklis agreement yang ditawarkan. setelah semua di sesuiakan maka total harga tiket sementara akan dideskripikan seperti diatas, yaitu sebesar IDR 524900.00. jika semua sesuai pengguna dapat melanjutkan transaki dengan menekan tombol continue. maka akan muncul gambar sebagai berikut:


gambar diatas merupakan Pop-up yang dimunculkan oleh Tiger Airways dimana isinya merupakan penawaran ekslusif kepada pelanggan agar dapat merubah hari penerbangan yang dipilih, akan tetapi disini saya memilih untuk tidak menerima penawaran tesebut dan menekan tombol continue. maka selanjutnya akan muncul tampilan sebagai berikut :


Tampilan diatas digunakan untuk mengisi detai penumpang disana saya menentukan gelar, nama depan, nama belakang, dan kapasitas bagasi pesawat yang saya butuhkan, tanpa memilih adanya fasilitas tambahan untuk peralatan olahraga. kemudian menekan tombol continue. dan akan menampilkan halaman sebagai berikut :


gambar diatas merupakan fasilitas untuk memilih kursi, disini saya menentukan tidak memilih kursi dengan menekan tombol proceed without seat assigment, maklum anak kuliah biar gak maha :). kemudian akan muncul tampilan dibawah ini :


pop-up ini mucul setelah tahap penentuan seat, popup diatas berisikan penawaran untuk mendapatkan check-in ekslusif dengan antrian boarding paling depan. jika menyetujuinya akan terkena biaya tambahan IDR 360000.00 perorang. akan tetapi saya memili no thanks yaitu penolakan penawaran. kemudian dilanjutkan ke tahap sebagai berikut :


diatas merupakan detail form penumpang, sehingga setiap penumpang harus mengisikan data-data yang wajib diisi, yang ditandain setiap fieldnya dengan tanda bintang (*).

setelah mengisikan detail penumpang dilanjutkan juga dengan form pembayaran sebagai berikut :


Diatas merupakan form pembayaran, diaman pihak penerbangan Tiger Airways memberikan jenis pembayaran dengan Credit Card dan Voucher, tapi saya memil;ih menggunakan credit card. Disana pengguna diminta menentukan jenis card credit apakah Master Card, Visa, American Express dan lain lain. kemudian pengguna harus mengisikan nomer cartu credit, cvv, expired card, dan nama pemegang kartu. Kemudian pengguna diminta memasukkan alamat pembayaran, disana pengguna dapat mencekli Use my contact Address here utnuk mengambil data yang sudah diisi pada detail penumpang.

Setelah semua dipenuhi detail harga akan tercantum, seperti diatas harga tiket harus dibayar adalah sebesar IDR 624.900.00. kemudian dilanjutkan dengan tombol Submit Payment untuk melaksanakan transaksi.

Setelah semua transaksi selesai maka akan muncul Tiket Itinetary sebagai berikut :


diatas ditunjukkan bahwa status pemesanan saya disetujui, kemudian pihak penerbangan mengirimkan tiket dengan bentuk pdf ke email saya seperti dibawah ini :


Macam-macam aplikasi yang terdapat didalamnya adalah :

  • Menu jenis bahasa
Dimana kita dapat menentukan bahasa yang diinginkan sesuai apa yang diinginkan
  • Search flight
Berfungsi sebagai pencari penerbangan
  • Manage my booking
Berfungsi untuk mengatur pemesanan yang sudah dilakukan
  • Car, Hotel, Insurance, Hostel
Pelayanan tambahan seperti penawaran jasa rental mobil, sewa hotel, asuransi jiwa dan penginapan.
  • Sitemaps
Peta situs tersebut

dan lain-lain.

Sekian saja penjelasan E-Commerce dari saya. Jika terdapat kesalahan saya mohon maaf sebesar-besarnya, dan juga diharapkan meninggalkan komentar, sekian dan terimakasih. 


Sumber

http://giaiid.blogspot.com/2008/06/tugas-sistem-pembayaran-e-commerce.html
http://research.amikom.ac.id/index.php/KIM/article/download/4453/2786
http://tigerairways.com

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons