Tuesday 18 March 2014

Penerapan Komputasi Modern Pada Website "AirAsia"

Komputasi Modern merupakan sistem yang matematis menggunakan komputer dengan cara menyusun algoritma yang dapat dimengerti oleh komputer yang berguna untuk menyelesaikan suatu masalah. Dalam komputasi modern terdapat perhitungan dan pencarian solusi dari masalah. Perhitungan dari komputasi modern adalah akurasi, kecepatan, problem, volume dan besar kompleksitas. Komputasi modern juga merupakan sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Komputasi juga merupakan suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.

Komputasi yang menggunakan komputer inilah yang disebut dengan Komputasi Modern. Komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, yang menjadi perhitungan dari komputasi modern adalah :

  1. Akurasi (bit, Floating poin)
  2. Kecepatan (Dalam satuan Hz)
  3. Problem volume besar (Down sizing atau paralel)
  4. Modeling (NN dan GA)
  5. Kompleksitas (Menggunakan teori Big O)

Komputansi modern mempunyai karakteristik komputasi modern yang terdiri atas 3 macam, yaitu :
  1. Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
  2. Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
  3. Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.
Salah satu perusahaan yang berkembang dalam komputasi modern yaitu Air Asia. Air Asia adalah sebuah maskapai penerbangan bertarif murah yang berpusat di Bandara Internasional Kuala Lumpur. Maskapai penerbangan terdepan Asia dibangun berdasar impian untuk memungkinkan semua orang dapat menikmati layanan penerbangan. Sejak tahun 2001, AirAsia langsung mengubah norma-norma perjalanan di dunia, dan muncul menjadi yang terbaik. Dengan jaringan rute yang membentang di lebih dari 20 negara, , AirAsia terus membuka jalan bagi penerbangan berbiaya terjangkau lewat solusi inovatif, proses efisien dan pendekatan yang baru dalam usaha ini. Air Asia memiliki visi menjadi maskapai penerbangan berbiaya hemat di Asia dan melayani 3 juta orang yang sekarang dilayani dengan konektivitas yang kurang baik dan tarif yang mahal dan misi menjadi perusahaan terbaik untuk bekerja, di mana para karyawan dianggap sebagai anggota keluarga besar, menciptakan brand ASEAN yang diakui secara global, mencapai tarif terhemat sehingga semua orang bisa terbang dengan AirAsia, mempertahankan produk berkualitas tinggi, menggunakan teknologi untuk mengurangi pembiayaan dan meningkatkan kualitas layanan.

Pada website Air Asia yang termasuk komputasi modern terdapat pada layanan pemesanan tiket online yang dimana user/pelanggan dapat memesan tiket secara virtual/online tanpa harus datang langsung ke lokasi penjualan. Sistem ini merupakan gambaran dari penerapan konsep kepintaran komputasi modern yang proses kerjanya di gerakkan oleh komputer. Berikut ini tampilan gambar website Air Asia:


Seperti yang ditunjukkan gambar diatas merupakan form yang akan digunakan untuk melihat jadwal penerbangan dan pemesanan tiket secara online, diamana user dapat mengisi tujuan keberangkatan, tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang yang akan membeli tiket online.


Selanjutnya, apabila semua informasi tujuan dan tanggal keberangkatan sudah diisi maka lanjut ke langkah berikutnya, pada gambar diatas terlihat informasi penerbangan yang tersedia pada tanggal yang sudah kita tentukan sebelumnya. Pada step ini kita bisa memilih penerbangan mana yang akan kita ambil.



Setelah memilih jadwal dan jam perjalanan selanjutnya mengisikan detail form pemesan dan calon penumpang yang akan terbang. Disana juga pihak maskapai Airasia menawarkan jasa asuransi jika terjadi kecelakaan. Jasa asuransi dikenakan biaya perorang sesuai ketentuan pihak maskapai Airasia. 


Setelah mengisi detail pemesan dan penumpang, pihak maskapai memberikan fasilitas pemilihan tempat duduk pada kabin pesawat. Dalam pemilihan tempat duduk pihak maskapai memberikan dua pilihan dimana tempat duduk pada bagian depan (ditandai warna merah) akan dikenakan biaya lebih mahal dari tempat duduk reguler (tidak berwarna merah). 


Setelaih mengisi detail dan memilih tempat duduk, seperti gambar diatas pemesan dapat melakukan pembayaran biaya penerbangan dengan menggunakan :
  1. ATM
  2. Kartu Kredit / Kartu Debit
  3. E-Banking

Komentar Pribadi :  
Menurut saya website ini sudah sangat baik, tampilan websitenya pun user friendly, namun pada sebuah website pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang saya tangkap dari website diatas:
Kelebihan:
  • Dapat diakses dimana saja selama terhubung dengan jaringan internet.
  • Dapat diakses hanya dengan menggunakan web browser (umumnya sudah tersedia di desktop maupun mobile), sehingga tidak perlu menginstall aplikasi client khusus.
Kekurangan:
  • Terbatasnya kecepatan internet mungkin membuat respon aplikasi menjadi lambat.

Referensi :
http://belajar-pemrograman2.blogspot.com/2013/03/komputasi-modern.html
http://reybrilliant.blogspot.com/2013/03/penerapan-komputasi-modern-pada-web.html








0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons