Sunday 23 December 2012

Modelling Android with Blender

Hayhay kawan blogger, kali ini saya akan memberikan tutorial pemodelan Android dengan menggunakan Blender. Android disini memiliki enam objek yaitu kepala, badan, tangan, kaki, mata dan antena. Dimana dari keenam objek tersebut hanya menggunakan dua unsur objek pembentuk yaitu UVSphere dan Cylinder. Blender yang saya gunakan disini adalah Blender V 2.63 

Langsung saja pada proses pemodelan, pada awalnya kita bentuk badan dahulu dengan menggunakan objek Cylinder. Langkah-langkahnya :

  • Buat lembar kerja baru (Ctrl+N),
  • Hapus Cube 
  • Tambahkan Objek Cylinder (Shift+A) - mesh - cylinder
  • Tentukan Ukuran Cylinder yang diinginkan dengan menggunakan perintah S

Setelah badan ditetapkan, saatnya membentuk kepala, tangan, kaki dan antena sekaligus karena memiliki objek yang sama yaitu UVSphere, dan langkah langkahnya :

  • Tambahkan Objek UVSphere
  • Tekan tombol tab untuk merubah ke edit mode
  • Tekan CTRL+Tab pilih Face Select digunakan untuk memblok setiap sisi
  • Kemudian blok dengan cara CTRL+ALT Klik Kanan pada setiap sisi sehingga membentuk seperti gambar dibawah
  • Tekan x untuk delete kemudian pilih vertices
  • Maka akan membentuk stengah bola
  • Kemudian kita duplikat dengan cara tekan tombol Shift+D, lalu tekan tombol Tab agar kembali ke Object Mode. Maka menghasilkan objek sebagai berikut,

Dari gambar diatas Kepala, dan bada sudah terbentuk + separuh bola hasil dupliakat. Dimana separuh bola tersebut dapat dijadikan tangan, kaki mata dan antena. Dalam membentuk kaki dan tangan digunakan cara sebagai berikut :
  • Pilih edit mode dengan menekan tombol tab
  • kemudian mode select menggunakan select vertex
  • pilih salah satu vertex dengan cara tahan tombol alt + klik kanan pada salah satu vertex, seperti gambar berikut :
  • Kemudian menggunakan mode extrude dengan menekan tombol e + z untuk memanjangkan vertex searah sumbu z. 
  • Setelah itu menambahkan Setengah bola kembali pada bagian bawahnya agar membentuk tangan, kaki dan antena, didalamnya digunakan metode rotasi dengan menekan tombol R+arah sumbui putarnya yaitu X, Y, dan Z. Setelah tebentuk tangan tekan tombol CTRL+J untuk menggabungkan kedua objek. Sehingga menjadi seperti berikut.

Setelah Kepala, badan, tangan, kaki dan antena tebentuk dan tersusun pada tempatnya maka sebaiknya di  join kembali dan saatnya Android diwarnai dengan masuk ke material Kemudian pilih bagian material, Pilih tombol “+” pada layar, kemudian di bagian Deffuse, ganti warna dari objek tersebut, agar lebih mudah, perhatikan gambar berikut 


Sehingga jadilah si hijau Android seperti gambar berikut :


Kemudian masuk tahap renderring yaitu dengan menekan tombol F12 sehingga menghasilkan tampilan sebagai berikut:



Maka selesailah pemodelan Android, sekian dan terima kasih.



















0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons